~ We are changing the world with technology. ~

Matt Mullenweg

Platform Sumber Penghasilan Programmer di Era Digital

Platform Sumber Penghasilan Programmer di Era Digital

1854 Dilihat

Lompatan zaman merubah banyak gaya hidup serta kebiasaan manusia agar bisa survive, terlebih di era digital seperti saat ini. Kreatifitas, inovasi, serta kemampuan beradaptasi terhadap berbagai hal adalah skill yang wajib dimiliki oleh manusia modern.

Kilas balik 10 tahun yang lalu, rutinitas bolak balik kantor adalah hal mewah dan menjadi idaman setiap orang kala itu. Bagaimana tidak, memiliki pekerjaan tetap dengan gaji yang pasti setiap bulannya akan mengundang mata tuk berdecak kagum melihatnya, atau setidaknya terlepas dari stigma bahwa "dia adalah pengangguran".

Dunia bergerak, gaya hidup berganti, cara pandang berubah. Rutinitas kala itu tidak lagi menarik di era ini, setidaknya sebagian orang sudah mendambakan bagaimana bekerja dan tetap berpenghasilan tanpa harus meninggalkan rumah. Buktinya? Doktrin yang sempat viral dengan potongan kalimat, "Jutaan orang bahkan tidak menyadari,; dan seterusnya", geger di jagat maya, kesimpulannya adalah mereka punya data bahwa ada banyak orang yang mendabakan bekerja dari rumah, sehingga berani menggelontorkan dana untuk membuat iklan yang lalu-lalang di Youtube.

Fakta lainnya, PNS atau Pegawai Negeri Sipil diwacanakan pada awal tahun 2020 diwacanakan bisa bekerja dari rumah, ajaib!. Sebagai salah satu bagian penggerak jagat maya, Programmer telah lebih dulu memulai budaya "bekerja dari rumah" dengan banyaknya startup sebagai penyokongnya.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak figur pekerja remote dengan makna bekerja tanpa harus datang ke kantor. Buktinya? Lihat saja group Facebook Kami Kerja Remote, maka kamu akan menemukan para "cendekiawan" tersebut yang "mungkin" sepenuhnya telah menggantungkan hidupnya dari kerja remote.

Bagaimana mereka bekerja? Adakah platform yang menunjang untuk para pekerja Remote atau mereka yang akan memulai untuk bekerja remote? Berikut adalah beberapa Platform yang banyak digunakan:

Baca Juga: Mengenal Widget Flutter #5: Membuat Form Login

Bekerja Menggunakan Upwork.com

Meskipun baru saja menerapkan layanan berbayarnya, tapi platform ini masih menjadi primadona dengan tagline-nya, "The talent you need, The flexibility you want". Evolusi dari oDesk ini memiliki banyak fitur menarik dan menawarkan keamanan transaksi antara pemberi kerja dan pekerja, dimana Upwork layaknya marketplace lainnya akan menjadi perantara untuk memastikan pekerjaan dan upah tersalurkan dengan baik. Tapi perlu anda ketahui bahwa sebagai perantara maka Upwork menetapkan biaya untuk setiap transaksi yang terjadi.

Sebuah platform yang user-friendly sehingga memudahkan kamu dalam menggunakan layanan baik sebagai pencari kerja atau pemberi kerja, selain itu juga dilengkapi fitur untuk berkomunikasi antar kedua bela pihak.

Platform Sumber Penghasilan Programmer

Menawarkan Jasa di Fiverr.com

Berbeda halnya dengan Upwork, Fiverr dengan jargon, "Find the perfect Freelancer service for your business" bisa kamu gunakan untuk menawarkan jasa atau produk yang sudah ada berdasarkan kemampuan yang kamu miliki, dalam hal ini adalah programming.

Sebagai seorang "penjual" yang menawarkan jasanya, maka portofolio untuk dipamerkan akan sangat diperlukan untuk menarik para pencari jasa dalam menimbang kelayakan Freelancer untuk mengerjakan pekerjaan yang dimilikinya.

Platform Sumber Penghasilan Programmer - fiverr

Menjual Produk di Codecanyon.net

Punya produk? Atau membuat produk untuk dijual secara retail menjadi pilihan menarik bagi seorang Programmer. "Capeknya sekali, jualnya berkali-kali" adalah jargon yang menarik untuk disematkan pada pekerjaan seperti ini.

Tahu kah kamu bahwa ada banyak kebutuhan manusia diluar sana yang sifatnya segera? Jadi mereka memerlukan sesuatu tapi tidak punya waktu untuk menunggu prosesnya, maka mencari produk yang serupa dengan keinginannya adalah cara cepat yang bisa mereka lakukan. Maka sebagai seorang Programmer, kita bisa membuat sebuah aplikasi yang sifatnya umum dan bisa merangkum berbagai kebutuhan dalam satu kategori.

Melalui Codecanyon.net, kita bisa bergabung menjadi seller untuk menawarkan produk yang dimiliki dan bersaing dengan banyaknya produk yang sudah ada dipasar, jadilah kreatif dan berbeda yang solusitif.

Platform Sumber Penghasilan Programmer - codecanyon

Menjual & Menawarkan Jasa di Projects.co.id

Anak bangsa juga tidak ketinggalan dalam menyediakan Platform untuk para pekerja remote. Meskipun sempat menuai perbincangan diawal kemunculannya karena harga yang ditawarkan para job poster sangat murah dan tidak masuk akal, tapi platform ini cukup sukses dalam merangkum berbagai jenis pekerjaan, mulai dari job yang bernilai puluhan ribu sampai jutaan bisa diakomodir oleh platform tersebut.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan adalah sistem afiliasi, dimana kamu juga bisa membantu menawarkan project orang lain dan mendapatkan komisi sebagai imbalan atas setiap transaksi yang terjadi.

Platform Sumber Penghasilan Programmer - projects

Mencari Kerja di Freelancer.com

Platform ini hampir sama dengan Upwork atau bisa disebut kedua platform tersebut bergerak dibidang yang sama. Freelancer Indonesia adalah salah satu website terbesar di Indonesia yang berpusat di Australia dengan claim orang-orang yang sudah bergabung lebih dari 29 jt orang.

Cara kerjanya juga sama yakni kita bisa melakukan bid atau menawarkan diri pada semua list pekerjaan yang sudah ada berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Dari semua list pekerjaan tersebut, terdapat deskripsi yang sangat jelas diantaranya deskripsi, keahlian yang dibutuhkan, deadline, berapa orang yang melamar dan berapa upah untuk pekerjaan tersebut.

Platform Sumber Penghasilan Programmer - freelancer

Baca Juga: Aplikasi E-Commerce Laravel 6 #12: Authorization & Customer Profile

Kesimpulan

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang pekerja remote, maka perlu ditekankan bahwa semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sama seperti mencari kerja pada umumnya dimana kita harus memperkenalkan diri kita bahwa kita memiliki kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Mendaftarkan diri pada semua platform yang disebutkan di atas bukan berarti secara instant kamu telah resmi menjadi pekerja remote, karena proses yang harus dijalani, yakni menawarkan diri, membangun reputasi, bersaing secara global karena kompetitor anda adalah seluruh pekerja remote diseluruh dunia.

Jadi, apapun jenis pekerjaan yang kamu tentukan, ketahuilah bahwa tidak ada yang instan meski semua sudut pandang sudah berubah. Kembangkan diri, jadi lebih kreatif dan jadilah solusi bagi banyak orang.

Full Stack Developer & Remote Worker salah satu perusahaan asal Australia. Senang dengan teknologi baru. Laravel addict yang tidak fanatik. Merekam jejak dengan menulis

Tips Mengelola Timestamps di Laravel Laravel News

Tips Mengelola Timestamps di Laravel

Secara default, Eloquent yang ada di Laravel berasumsi bahwa setiap table yang mereka tuju memiliki timestamps field, dalam hal ini adalah created_at dan updated_at. Berikut adalah tips mengelola tang...

7 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Pemrograman News

7 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Pemrogr...

Belajar bahasa pemrograman menjadi primadona di era digital saat ini, selain mengasyikkan juga penuh tantangan disetiap levelnya. Tapi untuk menjalani prosesnya tidak semudah dalam bayangan kita, maka...

[Tips] 5 HTML Tag Yang Harus Dipertimbangkan Untuk Digunakan News

[Tips] 5 HTML Tag Yang Harus Dipertimban...

Menuliskan code HTML tidak pernah lekang pada aplikasi yang berbasis website, karena HTML menjadi perantara untuk berkomunikasi dengan browser. Karena sudah cukup populer dikalangan developer, maka ta...

Komentar