~ We are changing the world with technology. ~

Matt Mullenweg

Membuat Login & Register Laravel 8

Membuat Login & Register Laravel 8

892 Dilihat

Pendahuluan

Laravel tak henti-hentinya memperkaya fitur yang dimilikinya untuk "memanjakan" penggunanya. Lain sisi, Laravel memberikan pesan tersirat, bahwasanya sebagai orang yang "nyemplung" dibidang teknologi, kita harus terus berkembang agar tidak ketinggalan, sebab semua orang yang berperan dibidang teknologi, layaknya sedang lari maraton, bukan tentang siapa yang tercepat, tapi siapa yang bisa bertahan hingga akhir.

Versi 8 telah di-release untuk menambah deretan panjang versi Laravel yang tersedia. Lalu, kok kita lagi-lagi membahas tentang login? Yaps, Laravel 8 ini menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Pada seri sebelumnya, kita menggunakan artisan command composer require laravel/ui atau seri sebelumnya lagi, kita menggunakan artisan command php artisan make:auth

Baca Juga: 6 Cara Mendefinisikan Component di Vuejs

Install Laravel 8 Via Composer

Sebelum melakukan instalasi Laravel versi terbaru ini, pastikan versi PHP yang ter-install pada web server yang kamu miliki adalah >= 7.3 . Untuk melakukan proses instalasi, pada command line, jalankan command

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel8-authentication

Tunggu prosesnya hingga selesai, kemudian buka file .env dan konfigurasi database-nya menjadi

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=laravel-8
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=toor

Note: Masukkan nama database yang kamu miliki pada variable DB_DATABASE, serta username dan password database kamu pada bagian DB_USERNAME dan DB_PASSWORD.

Run Migration

Sebelum menjalankan fungsi migrate, lakukan beberapa konfigurasi berikut untuk menghindari error pada versi mysql 5.7.7 ke bawah. Buka file AppServiceProvider.php dan tambahkan code berikut pada method boot()

public function boot()
{
    Schema::defaultstringLength(191);
}

Jangan lupa untuk menambahkan use statement

use Illuminate\Support\Facades\Schema;

Saatnya untuk menjalankan migration pada command line

php artisan migrate

Install Jetstream

Pesawat apalagi nih yang ditawarkan oleh Laravel? Jadi, Laravel Jetstream sederhananya adalah sebuah komponen yang dilengkapi dengan fitur yang hampir sama dengan generasi sebelumnya, hanya saja jauh lebih lengkap dengan segala penambahan fitur lainnya, yakni terdiri dari, login, registration, email verification, two-factor authentication, session management dan juga dilengkapi API support yang telah di-cover oleh Laravel Sanctum, serta yang terakhir adalah adanya fitur team management.

Jetstream di-design menggunakan Tailwind CSS dan memberikan pilihan untuk menggunakan Livewire atau Intertia scaffolding sebagai pelengkapnya.

Untuk meng-install Laravel Jetstream, pada command line, jalankan command.

composer require laravel/jetstream

Setelah proses instalasi selesai, kita harus meng-install salah satu scaffolding yang ditawarkan, yakni Livewire atau Inertia. Pada bagian ini, kita akan menggunakan Livewire, karena nantinya kita akan membahas Laravel Livewire terlebih dahulu.

php artisan jetstream:install livewire

Adapun template dasar yang akan digunakan adalah bawaan dari Jetstream ini, sehingga jalankan command npm install && npm run dev untuk melakukan compile Javascript dan CSS.

Kemudian, sebagai penutup atau langkah terakhir untuk membuat fitur Login & Register di Laravel 8, jalankan command php artisan migrate untuk mengeksekusi migration baru yang telah di-generate dimana migration ini berfungsi untuk meng-handle two-factor authentication, API Authentication menggunakan Laravel Sanctum dan session management.

Agar kita seragam dalam melakukan uji coba, pada command line, jalankan command php artisan serve kemudian akses http://localhost:8000 pada browser.

login & register laravel jetstreamlogin & register laravel jetstream

Klik register untuk menambahkan akun baru

registration laravel 8 jetstream

Klik login untuk masuk ke halaman dashboard.

authentication laravel 8 jetstream

dashboard laravel 8 - liveware

Dashboardnya juga sudah dilengkapi fitur management profile dan API Token.

manage profile laravel jetstream

manage api token laravel sanctum

Baca Juga: Aplikasi E-Commerce Laravel 6 #20: Auto Upload Produk Marketplace

Kesimpulan

Laravel tidak hanya sekedar me-release versi terbaru, tapi benar benar niat banget dalam mengembangkan dan memperkaya fitur yang dimilikinya. Bayangkan artikel ini hanya membahas bagaimana cara membuat login dan register di Laravel 8, tapi sebenarnya fitur yang sudah kita kerjakan hanya dengan langkah sederhana sudah lumayan lengkap sebagai sebuah kesatuan.

Hum, sepertinya menarik untuk membahas fitur lainnya yang hadir di Laravel terbaru ini. Jadi mari kita nantikan, DaengWeb akan mengangkat case seperti apa. Silahkan tinggalkan komentar.

Full Stack Developer & Remote Worker salah satu perusahaan asal Australia. Senang dengan teknologi baru. Laravel addict yang tidak fanatik. Merekam jejak dengan menulis

Drag & Drop Upload File Dropzone di Laravel 8 Laravel

Drag & Drop Upload File Dropzone di Lara...

Salah satu fitur yang cukup penting lainnya adalah upload files yang terdiri dari gambar, document, dan lain sebagainya yang berperan sebagai pelengkap data. Dropzone hadir sebagai salah satu library...

Mengirim Email Notifikasi Menggunakan SMTP Gmail Laravel 8 Laravel

Mengirim Email Notifikasi Menggunakan SM...

Mengirim email notifikasi adalah sebuah fitur yang hampir semua aplikasi mengimplementasikannya, karena melalui email adalah cara paling umum dan formal untuk menyampaikan informasi kepada orang lain....

Membuat CRUD Laravel 8 & Jetstream Livewire Laravel

Membuat CRUD Laravel 8 & Jetstream Livew...

Laravel hadir dengan versi baru beserta teknologinya yang baru, sebut saja Jetstream dengan opsi yang ditawarkannya, yakni: Livewire dan Inertia. Melalui artikel ini kita akan membahas bagaimana membu...

Komentar