PHP

Belajar PHP dari 0 : Intro

Belajar PHP dari 0 : Intro

575 Dilihat

Sekilas Cerita

micinJaman sekarang ini banyak sekali programer yang katanya bisa pake framework Larav*l, C*deigniter, dan framework lainnya tapi yang perlu digaris bawahi hanya bisa pake terlebih lagi ketika ingin melakukan sesuatu dengan package tanpa tau bahwa misalnya ketika dibuat secara manual lebih mudah yang lebih lucu ada katanya masih baru belajar tapi mau pake generator untuk CRUD (Create Read Update Delete), belum paham betul sudah mau main framework ini kayak anak SD yang mau pacaran sama Mahasiswa. Kalo istilah saya orang yang seperti itu bisa dikatakan programer jaman now (Kebanyakan Micin) hanya tahu pakai tp tidak paham itu pun kalau tau pake.

 

Baca Juga: Vuejs: Install & Say Hello

Apa Itu PHP

Keprihatinan ini yang mendorong Episode ini muncul (Ciah Episode kayak sinetron). Mencoba mengulas tuntas dasar2 dari pemograman php dengan harapan para programer jaman now bisa tersadar dan kembali kejalan yang benar.

PHP (bukan Pemberi Harapan Palsu) adalah Bahasa pemograman yang sedang populer saat ini. Bahasa pemograman ini special untuk pembuatan website. PHP diciptakan Oleh Ramus Ledorf, pada awalnya diberi nama “Personal Home Page Tools” dan selanjutnya menjadi FI (Form Interpreter) kemudian Menjadi PHP:Hypertext Preprocessor seperti yg kita kenal sampai sekarang .

Sifat PHP

Bahasa Pemograman ini bersifat server side yang artinya aplikasi yang dibuat dengan bahasa ini berjalan dalam server dengan bantuan webserver.

Pengenalan Script

<?php
echo "programer jaman now";
?>

Penjelasan Script Diatas :

<?php = Pembuka tag php

?> = Penutup tag

echo = Menampilkan

 

Untuk variabel diawali dengan tanda ‘$’ kemudian dilanjutkan dengan nama variabel-nya.

<?php
$huruf = "Programer Jaman Now";
$angka = 1234;
$desimal = 3.14;
?>

nah spesialnya ini kita tidak perlu mendeklarasikan tipe datanya secara otomatis, ketika dalam tanda petik langsung terdeteksi sebagai karakter dan ketika tidak dalam tanda petik berarti dia angka dan jika desimal/double sisa menuliskan angka desimalnya.

Sekian Untuk Intro pengenalannya Pembahasan Selanjutnya di episode selanjutnya dengan lebih tajam.

Seorang Web Artisan yang suka sesuatu yg berbau jepang tapi bukan vvibu

Membuat Chart Google Anlystic Server Side Authorization Dengan PHP PHP

Membuat Chart Google Anlystic Server Sid...

Google analystic adalah salah satu dari sekian banyak produk yang dimiliki oleh Google. Dengan tools ini, memungkinkan kita untuk memantau pengunjung yang datang, sehingga pemilik web dapat melihat ba...

Belajar PHP dari 0 : Operator PHP

Belajar PHP dari 0 : Operator

Sebagaimana operasi aritmatika, maka operator memiliki peranan penting dalam mengolah sebuah data. Operator sering kali digunakan dalam banyak kasus selama proses development. Sehingga penting bagi ki...

Belajar PHP dari 0 : Variabel dan Tipe PHP

Belajar PHP dari 0 : Variabel dan Tipe

Bahasa pemrograman memiliki bagian yang tidak lepas darinya, yakni Variable dan Tipe data. Begitupun dengan PHP, akan banyak berinteraksi dengan bagian ini. So pada kesempatan ini, kita akan mengulas...

Komentar