~ We are changing the world with technology. ~

Matt Mullenweg

7 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Pemrograman

7 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Pemrograman

2135 Dilihat

Era digital sedang trend diberbagai kalangan karena banyak kebiasaan, budaya dan cara pandang yang berubah dari cara lama menjadi lebih modern, karena modernisasi telah melanda hampir semua aspek kehidupan, mulai dari tingkatan level paling bawah hingga kalangan elit ikut terseret masuk ke dalamnya.

Semua perubahan yang terjadi tidak lepas dari sumbangsi dibidang pemrograman, karena penerapan teknologi membutuhkan kemampuan bahasa pemrograman dalam menjalankan seluruh algoritma yang dimilikinya. Gelombang besar ini membuat daya tarik tersendiri dalam menyeret orang-orang untuk mencari tahu lebih jauh lagi bagaimana bisa terjadi, termasuk banyak orang dari berbagai latar belakang dan profesi mencoba untuk belajar dan mengenal lebih lanjut terkait bahasa pemrograman.

Sebagai seorang yang sudah lama berkecimpung di dunia programan, maka izinkan saya untuk membagikan 7 tips cara cepat belajar bahasa pemrograman.

Baca Juga: Mengenal Widget Flutter #7: Membuat UI Profile Instagram

Learning By Doing Dengan Menyelesaikan Berbagai Case

cara cepat belajar bahasa pemrograman - learning by doing

Bukan lagi rahasia umum, bahwa apapun bidangnya, belajar sambil praktek adalah cara cepat untuk memahami sebuah ilmu pengetahuan, termasuk belajar bahasa pemrograman dasar. Membaca banyak sumber dan referensi sebagai sebuah teori untuk memperkaya wawasan adalah sebuah langkah yang tidak ada salahnya, akan tetapi mempraktikkannya dengan segera adalah langkah selanjutnya yang sangat bijak.

Menulis code merupakan proses menterjemahkan sebuah masalah atau alur cerita yang diinginkan menjadi baris-baris code yang bisa dimengerti oleh mesin. Bayangkan, kita akan membuat sebuah mesin mengerti apa yang kita inginkan sedangkan kita sendiri masih bingung hendak menuliskan apa karena masih terjebak dalam proses yang panjang dalam memahami pengertian atau sebuah teori.

Let's do it! Mulailah dari program sederhana yang bisa kita jangkau, misalnya saja membuat aplikasi Point of Sales karena hidup manusia dari sedari kecil sudah terbiasa berinteraksi dengan proses transaksi jual beli, maka memahami algoritmanya atau alur ceritanya akan menjadi lebih mudah.

Perkuat Basic Atau Fundamental Untuk Jangka Panjang

cara cepat belajar bahasa pemrograman - perkuat fundamental

Instan atau terburu-buru menjadi ciri khas sebagian pembelajar di era ini, karena ambisi yang terlalu menggebu tapi tidak punya basic yang kuat sehingga ambisinya dapat dengan dipatahkan dengan error yang dibuatnya sendiri.

Bayangkan, hanya karena ingin segera menyelesaikan case-nya, maka jalan copy-paste pun dilakukan tanpa memahami setiap code yang sedang dihadapinya. Hasilnya? Tentu saja sangat rapuh karena ketika dihadapkan dengan case sedikit berbeda dari referensi yang dimilikinya, maka jalan buntu sudah pasti akan menemuinya.

Dasar pemrograman perlu diutamakan, karena semakin baik anda memahaminya maka semakin mudah anda dalam berinteraksi dengan case apapun.

Ngoding Tanpa Tools Generator

cara cepat belajar bahasa pemrograman - tools generator

Semakin canggihnya teknologi dimana berbagai hal telah berevolusi, seperti misalnya media penyimpanan beberapa tahun yang lalu masih kita temui dengan ukuran yang cukup merepotkan, tapi kini telah berubah menjadi lebih kecil dan praktis untuk digunakan dengan kemampuan yang jauh lebih baik.

Bahasa pemrograman juga mengalami perubahan tersebut dimana sudah banyak tools atau perangkat yang bisa men-generate sebuah program siap pakai tanpa harus bersusah payah menuliskan code sendiri. Akan tetapi cara manual dengan menuliskan code sendiri masih menjadi satu dari sekian cara cepat dan efektif dalam belajar bahasa pemrograman.

Menulis code sendiri akan melatih anda dalam meningkatkan daya ingat, ketelitian, penyelesaian masalah dengan berbagai sudut pandang, habits, dan bahkan akan menjadi pengalaman dengan sensasi yang tidak terlupakan.

Ingat, secanggih apapun sebuah tools generator, masih dibutuhkan tangan-tangan handal dalam menyelesaikan masalah yang tidak di-cover oleh tools tersebut.

Perbanyak Diskusi & Sharing

cara cepat belajar bahasa pemrograman - sharing dan diskusi

Sendiri bukan pilihan yang tepat dalam belajar, karena selihai apapun anda dalam menangkap semua informasi dalam waktu yang cepat, masih diperlukan orang lain atau teman untuk berdiskusi dan sharing. Sebuah kalimat indah mengatakan bahwa, "setiap tempat adalah sekolah dan semua orang adalah guru", maka ada informasi atau pelajaran baru yang bisa kita dapatkan dari kawan atau teman diskusi kita. Setidaknya ketika kita sharing, maka diri kita akan terpacu untuk mencari hal baru agar bisa selangkah lebih maju dari teman sharing kita.

Tidak perlu sungkan atau merasa malu untuk sedekar bertanya atau meminta bantuan baik dalam mencari jalan keluar atau hanya untuk sekedar berbincang, karena setiap programmer sudah pernah berada di posisi anda sebelumnya.

Cari Lebih Banyak Referensi Dari Berbagai Sudut Pandang

cara cepat belajar bahasa pemrograman - perluas sudut pandang

Jika sebuah konsep tidak masuk akal menurut anda, baik itu dalam buku atau materi selama kuliah, pertahankan argumen anda dengan mencari banyak referensi atau sumber untuk menguatkan apa yang anda yakini, karena setiap orang belajar dengan cara yang berbeda dan hanya karena satu sumber yang tidak masuk akal menurut anda, bukan berarti ada yang salah dengan anda.

Referensi dengan berbagai sudut pandang tidak akan pernah habis, karena ilmu pengetahuan itu berkembang maka akan selalu ada sudut pandang baru dalam melihat sebuah pokok masalah.

Jangan Hanya Melihat Sampel Code, Otak-Atiklah!

cara cepat belajar bahasa pemrograman - debugging

Membaca sebuah sample code tidaklah cukup untuk memahami bagaimana dia bekerja. Untuk memahami lebih lanjut dan lebih dalam lagi, maka kita perlu untuk menjalankan code tersebut serta menbongkar dan mengotak-atiknya.

Dalam berbagai tutorial atau referensi terlihat cukup mudah ketika dibaca, tapi ketika diimplementasikan terkadang kita menemukan kesulitan dalam memahaminya. Maka membaca tidaklah sama dengan memahami, apatahlagi menuliskan code program sendiri lalu menjalankannya, setidaknya dari proses tersebut kita melihat proses dan hasilnya untuk sekedar memahami.

Bukankah pemahaman timbul dari seringnya interaksi? Maka perbanyaklah!

Baca Juga: Aplikasi E-Commerce Laravel 6 #13: Membuat Faktur PDF

Otak Juga Perlu Istrahat

cara cepat belajar bahasa pemrograman - berpikir

Cukup dipahami bahwa kegiatan belajar bahasa pemrograman ketika kita sudah menemukan letak ke-asikannya akan membuat kita tenggelam lebih dalam lagi dalam keseruan yang ditawarkannya. Tapi ingat, otak juga perlu untuk menyegarkan dirinya, maka istrahatlah sejenak untuk kemudian menemukan ide yang lebih segar.

Terkadang sebuah error yang sangat sederhana harus diselesaikan dalam waktu yang cukup lama, hal ini mungkin saja bukan disebabkan karena kurangnya kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah tapi karena otak anda sudah diambang batas karena bekerja dalam waktu yang cukup lama tanpa henti.

Maka istrahat adalah salah satu bagian dari pembelajaran.

Full Stack Developer & Remote Worker salah satu perusahaan asal Australia. Senang dengan teknologi baru. Laravel addict yang tidak fanatik. Merekam jejak dengan menulis

Tips Mengelola Timestamps di Laravel Laravel News

Tips Mengelola Timestamps di Laravel

Secara default, Eloquent yang ada di Laravel berasumsi bahwa setiap table yang mereka tuju memiliki timestamps field, dalam hal ini adalah created_at dan updated_at. Berikut adalah tips mengelola tang...

Platform Sumber Penghasilan Programmer di Era Digital News

Platform Sumber Penghasilan Programmer d...

Lompatan zaman merubah banyak gaya hidup serta kebiasaan manusia agar bisa survive, terlebih di era digital seperti saat ini. Kreatifitas, inovasi, serta kemampuan beradaptasi terhadap berbagai hal ad...

[Tips] 5 HTML Tag Yang Harus Dipertimbangkan Untuk Digunakan News

[Tips] 5 HTML Tag Yang Harus Dipertimban...

Menuliskan code HTML tidak pernah lekang pada aplikasi yang berbasis website, karena HTML menjadi perantara untuk berkomunikasi dengan browser. Karena sudah cukup populer dikalangan developer, maka ta...

Komentar